PT BISA INDONESIA
Apa itu CRM? Pengertian dan Kegunaannya bagi Perusahaan
  • 21/08/2021
  • Admin
  • 0

CRM (Customer Relationship Management) atau Manajemen Hubungan Pelanggan tentu saja berkaitan dengan pengelolaan pelanggan. CRM merupakan proses atau strategi yang bertujuan untuk membantu pemilik bisnis mengelola dan mengakses data pelanggan dengan lebih baik. Seiring dengan kemajuan teknologi digital, CRM berkembang menjadi database yang dapat disimpan oleh smartphone setiap orang. Sistem ini terintegrasi dengan aktivitas bisnis seperti, penjualan, pemasaran, membantu pelanggan yang tentu saja menyederhanakan proses sehingga memudahkan proses penjualan.

Software CRM berkembang menjadi pasar perangkat lunak terbesar setelah sistem ERP. mengapa CRM begitu popular? Berikut kegunaan CRM bagi perusahaan:

Menyederhanakan Proses Penjualan

CRM mampu menggambarkan visualisasi yang lebih jelas terkait saluran penjualan. Pemilik bisnis dengan mudah mengidentifikasi transaksi dan memiliki prospek yang tinggi.

Mempermudah dalam Pengelolaan Penjualan

CRM mampu memonitor kinerja tim melalui sistem. Pemilik bisnis bisa mengakses status setiap pekerja yang ditangani oleh tiap salesperson, Riwayat transaksi, dan Tindakan apa saya yang tim lakukan dengan pelanggan melalui satu sistem terpusat.

Meningkatkan hubungan Pelanggan dengan Pemilik Bisnis

Informasi yang tersedia dalam sistem CRM dapat disimpan dalam satu tempat penyimpanan yang aman. Pemilik juga mudah melacak dimanapun dan kapanpun. Informasi yang lengkap dapat membantu untuk mengetahui kebutuhan apa saja sehingga pemilik bisnis bisa memberikan layanan yang maksimal untuk pelanggan.

Meningkatkan Digital Marketing

Dengan CRM, pemilik bisnis bisa melakukan promosi digital dengan mengirim email broadcast, newsletter, dan promo-promo special yang sudah ditentukan oleh tim marketing untuk menarik perhatian klien.

Meningkatkan Bisnis dengan Kolaborasi

Sistem CRM memungkinkan tim penjualan dan pemasaran mendapatkan dukungan pelanggan untuk melakukan kolaborasi mengelola data dalam satu sistem terpusat. Dengan begitu, beban tim menjadi lebih mudah dan mengurangi resiko kesalahan.

Meningkatkan Pendapatan Perusahaan

Sistem CRM juga memudahkan pemilik bisnis untuk melakukan up-selling dan cross-selling pada waktu yang tepat. Selain itu, pemilik bisnis mampu meningkatkan revenue dengan melakukan peningkatan pelayanan dan kualitas produk sesuai kebutuhan pelanggan. Sehingga tingkat keberhasilan perusahaan lebih tinggi.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *