PT BISA INDONESIA
Apa itu ERP? Pengertian & Manfaatnya untuk Perusahaan
  • 21/08/2021
  • Admin
  • 0

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan suatu cross-functional atau sistem informasi yang berguna bagi suatu perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnisnya. Implementasi ERP menjadi salah satu investasi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi kerja dalam mengembangkan bisnis. ERP mampu bekerja optimal dan dapat mengurangi biaya operasional, serta memungkinkan untuk meminimalisir kerugian akibat kesalahan teknis.

Sistem ERP biasanya menangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan, penghapalan, dan akuntansi perusahaan. Dengan artian, sistem ini mampu melakukan kontrol seluruh aktivitas bisnis dari produksi hingga manajemen sumber daya manusia.

Seiring dengan transformasi digital yang semakin masif, saat ini sistem ERP bermanfaat untuk semua jenis bisnis. Dalam ERP, manajemen data antar departemen lebih efisien dan mampu meningkatkan produktivitas kerja yang lebih tinggi. Dan pada akhirnya, perusahaan mencapai pertumbuhan.

Tujuan Pengembangan ERP

Persaingan bisnis global yang semakin meningkat, mendorong pengembangan sistem ERP meningkatkan dan memperkuat efektivitas sumber daya di berbagai bisnis. Tujuan pengembangan sistem ERP antara lain untuk:

  1. Mendorong sumber daya manusia yang mampu bertanggung jawab atas setiap tugas serta membangun iklim perusahaan yang produktif.
  2. Sumber daya produksi yang berkualitas.
  3. Pemasaran produk yang efektif serta meningkatkan produktivitas penjualan.
  4. Efektivitas laporan keuangan dan laporan logistik perusahaan.
  5. Pemilik bisnis mampu bersaing secara suportif.
  6. Mencegah permasalahan yang kompleks dalam jangka panjang.

Manfaat ERP

Sistem ERP tidak hanya berguna untuk perusahaan besar. Saat ini ERP sudah menjangkau ke semua ukuran bisnis dan industri untuk mendorong bisnisnya ke arah pertumbuhan. Berikut beberapa manfaat sistem ERP untuk perusahaan:

Menghemat Biaya Operasional

Melalui proses bisnis yang disederhanakan dengan praktik secara statistik, sistem ERP mampu menghemat banyak waktu karena karyawan bekerja pada satu sistem terpadu. Selain itu, sistem juga memudahkan dalam mengkoordinasikan informasi dan data antar departemen.

Meningkatkan Wawasan Bisnis

Informasi real-time dan akurat dari sistem ERP meningkatkan wawasan para pemilik bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Basis data terpusat dan menyediakan akses informasi ke semua karyawan memudahkan untuk pengambilan keputusan. Ditambah lagi setiap karyawan mampu beradaptasi dengan baik.

Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Sistem ERP memiliki banyak fungsi bisnis dan proses bisnis yang terdefinisi dengan baik. Sehingga mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas kinerja. Data yang akurat memungkinkan pelaporan yang lebih mudah dan lebih baik. Sebagai contoh, pelacakan absen, penilaian, dan pemantauan inventaris tidak menghabiskan banyak waktu. Otomatisasi juga sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas pekerja, sehingga meningkatkan ROI (Return of Investment) pemilik bisnis.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dalam sistem ERP terdapat modul CRM (Customer Relationship Management) yang terintegrasi dan mampu memberikan data interaksi pelanggan dengan perusahaan. Informasi Ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan evaluasi dan memahami kebutuhan klien, sehingga mampu memberikan kepuasan. CRM dalam sistem ERP juga mampu meningkatkan interaksi menguntungkan antara pelanggaran dan perusahaan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *