PT BISA INDONESIA
Implementasi ERP Membantu Manajemen Strategi Perusahaan
  • 21/08/2021
  • Admin
  • 0

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data perusahaan dalam satu platform. ERP difungsikan untuk mengganti cara kerja manual, dan mampu meningkatkan efisiensi. Selain itu, ERP juga dapat membantu manajemen strategi perusahaan.

Dalam manajemen strategi, pemilik perusahan diharapkan mampu menentukan arah perusahaan dan alokasi sumber daya. Setiap keputusan dijadikan pedoman untuk menjalankan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam hal ini memanfaatkan fitur-fitur dalam ERP untuk memudahkan pekerjaan operasional.

Cara Kerja ERP untuk Manajemen Strategi

Sistem ERP membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dengan mengumpulkan, mengintrepertasi, dan menganalisis data perusahaan. Data diperoleh dari berbagai macam departemen dalam satu perusahaan seperti produksi, keuangan, HR, sales, dll. Perusahaan juga bisa membagikan data dengan klien seperti vendor atau pelanggan dalam satu platform.

Perusahaan harus mampu mengembangkan strategi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. ERP software hadir memberikan data yang membantu perusahaan membuat keputusan yang tepat. Sistem juga mampu mengotomatiskan pekerjaan, membangun, serta mengimplementasikan strategi yang terukur dan sudah dipersiapkan secara matang.

Berikut cara kerja ERP software membantu proses manajemen strategi:

1. Menentukan Visi

Tahap awal dalam manajemen strategi adalah memperjelas visi bisnis. Perusahaan mulai menetapkan tujuan dalam jangka pendek dan panjang, mengidentifikasi cara apa saja yang harus dilakukan, dan melakukan sosialisasi tahapan tersebut ke karyawan. Hal yang penting dalam tahap ini adalah memberikan sounding target ke shareholder dan karyawan. Disinilah ERP dibutuhkan untuk menyebarkan informasi ke setiap pegawai dalam satu platform.

2. Mengumpulkan dan Analisis Informasi

Di tahapan ini, analisis menjadi tahapan yang penting karena menentukan tahapan selanjutnya. Dengan mengumpulkan informasi dan data yang relevan mampu mendorong visi perusahaan. Analisis fokus pada apa saja yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas dan Langkah apa saja yang harus diambil.

Analisis SWOT (strength, weakness, opportunities, threat) menjadi analis yang paling efektif diimplementasikan. Dalam melakukan analisis, ERP mampu memberikan data yang akurat. Pemilik perusahaan juga bisa mendapatkan laporan dalam waktu yang cepat dan melihat hasil Analisa, kelebihan, dan kekurangan dari perusahaan.

3. Menentukan Strategi

Langkah ini menentukan sumber daya apa saja yang bisa mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan juga perlu menentukan rencana alternatif melihat kondisi ekonomi yang fluktuatif. Dalam sistem ERP bisa membantu menyelesaikan permasalahan melalui Modul Manajemen Proyek. Perusahaan bisa menginput, mengatur timeline, dan menugaskan berbagai proses kerja. Dengan begitu, pekerjaan lebih efektif karena data dan informasi tersedia secara real-time.

4. Mengimplementasikan Strategi

Tahapan ini perusahaan melakukan eksekusi dari strategi yang sebelumnya sudah direncanakan dengan matang. Hal yang penting adalah komunikasi dan rasa tanggung jawab dari setiap pekerja tentang kewajiban dan tugas apa saja dengan melakukan interaksi sejelas mungkin. Sistem ERP membantu mengintegrasikan setiap tugas ke seluruh departemen. Semua karyawan bisa mendapat akses tugas apa saja yang harus mereka kerjakan untuk memenuhi target. Dengan begitu, produktivitas perusahaan meningkat dan mampu mencapai keuntungan yang optimal.

5. Evaluasi

Mengevaluasi bukan menjadi tahapan akhir dari manajemen strategi, tetapi menjadi tahapan yang berkelanjutan. Selain melakukan evaluasi, perusahaan juga harus melakukan kontrol secara rutin untuk mengawasi setiap proses kerja. Dalam tahapan ini perusahaan mengukur performa dan melakukan peninjauan untuk melakukan Tindakan apabila mengalami permasalahan. ERP membantu dalam menyimpan data dan bisa menampilkan segala progres atau perubahan yang terjadi.

Manajemen strategi bertujuan untuk memuaskan klien dan tentu saja perusahaan itu sendiri. Dengan menghadirkan produk dan jasa yang berkualitas, sistem ERP membantu memenuhi kepentingan permintaan pasar dengan biaya yang seminimal mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *