PT BISA INDONESIA
Cara Kerja Sistem HRIS
  • 21/08/2021
  • Admin
  • 0

Human Resource Information System atau HRIS merupakan sistem berbasis cloud yang diciptakan secanggih mungkin. Sistem ini berguna untuk membantu pekerjaan manajer HR dan mengembangkan bisnis perusahaan. Selain bermanfaat dalam perhitungan gaji bahkan administrasi karyawan, HRIS juga bisa disesuaikan dengan regulasi yang dibuat perusahaan. Sifatnya yang fleksibel dan dinamis membuat sistem HRIS memiliki banyak keunggulan yang memudahkan perusahaan.

Cara Kerja Sistem HRIS

Di era digitalisasi tentu saja harus mampu diikuti oleh perusahaan besar atau yang sedang berkembang untuk mengikuti perkembangan teknologi. HRIS hadir untuk membantu perusahaan mengelola karyawan dengan lebih baik dan mudah. HRIS juga bertujuan untuk memudahkan administrasi perusahaan. Pekerjaan yang sebelumnya dilakukan manual dapat diotomasi dengan lebih mudah dan tepat waktu.

Cara kerja sistem HRIS untuk perusahaan dapat dilakukan oleh setiap karyawan perusahaan. Karyawan hanya perlu login dan mendaftar akun pada sistem. Setelahnya, karyawan dapat mengakses setiap layanan dan informasi yang diperlukan.

Baca artikel terkait: Kapan Saat yang Tepat Perusahaan Menerapkan Software ERP?

Alur Kerja Sistem HRIS

Alur kerja yang terdapat pada sistem HRIS sebagai berikut:

Mengajukan Cuti Lebih Mudah

Dengan sistem HRIS, karyawan akan lebih mudah mengajukan cuti melalui sistem yang tersedia. Dengan akun yang sudah terdaftar, pengajuan cuti bisa secara online sehingga lebih mudah dan sederhana. Sebelumnya, karyawan harus menyamakan jadwal kerja yang sudah ditetapkan sistem. Setelah itu, manajer juga akan mengkonfirmasi persetujuan cuti melalui sistem secara real time. Dengan begitu, karyawan tidak harus menunggu lama dan jumlah cuti karyawan akan otomatis tercatat dalam sistem.

Mengelola Absensi Secara Online

Pengelolaan absensi secara online juga memudahkan karyawan, karena karyawan hanya perlu melakukan absen melalui smartphone mereka. Apalagi dengan keadaan sekarang dimana karyawan lebih sering bekerja remote, absensi online sangat memudahkan perusahaan. Sistem HRIS otomatis akan mendata dan menginput absensi karyawan dengan otomatis dan real time.

Menghitung Gaji Lebih Akurat

Sistem payroll atau penggajian dalam sistem HRIS juga memudahkan perusahaan untuk menghitung gaji karyawan dengan cepat dan akurat. Perusahaan tidak perlu menghitung gaji secara manual, karena dalam sistem sudah otomatis menghitung insentif karyawan dengan sistem absensi dan cuti. Dengan begitu, perhitungan gaji akan lebih muda, cepat, akurat dan tentu saja dilakukan secara adil.

Akses Tugas Harian Lebih Mudah

Sistem HRIS memudahkan karyawan mengakses tugas harian mereka yang diberikan atasan. Dengan mudah karyawan mengambil informasi tugas harian yang sudah dijadwalkan melalui smartphone masing-masing karyawan.

Demikian cara kerja sistem HRIS yang memudahkan perusahaan untuk mengelola karyawan. Sekarang saatnya Anda memilih software HRIS yang tepat untuk perusahaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *