PT BISA INDONESIA
ERP Software untuk Institusi Pendidikan
  • 21/08/2021
  • Admin
  • 0

Enterprise Resource Planning atau ERP, awalnya merupakan sistem yang dikembangkan untuk sektor manufaktur. Namun, sekarang berbagai sektor industri memanfaatkan ERP untuk membantu proses kerja, termasuk institusi Pendidikan. Kemajuan teknologi telah berjalan beriringan dengan kehidupan sehari-hari. Setiap orang memanfaatkan teknologi untuk membantu mereka mengurangi kesalahan pengelolaan secara manual dalam pengelolaan kegiatan kerja sehari-hari.

Sektor pendidikan kini telah berkembang menjadi industri yang membutuhkan instrumen lain untuk melakukan pengelolaan manajemen akademik. Dalam hal ini, ERP dibutuhkan untuk melakukan manajemen dan alokasi sumber daya agar lebih baik. Setiap kegiatan penting seperti, manajemen keuangan, pengelolaan peserta didik, manajemen karyawan dan dokumen lainnya diotomatisasi oleh sistem ERP untuk institusi Pendidikan.

Mengapa Institusi Pendidikan membutuhkan ERP Software?

Institusi pendidikan memainkan peran penting dalam membimbing masa depan anak. Oleh karena itu, institusi pendidikan perlu dikelola dengan manajemen yang baik secara efektif dan efisien. Lembaga pendidikan erat kaitannya dengan manajemen sekolah yang harus berhadapan dengan banyaknya data siswa, guru, nilai, laporan keuangan, dan laporan lainnya yang sering kali rumit dan menyulitkan pengelola sekolah. ERP software untuk institusi pendidikan dapat memenuhi kebutuhan lembaga pendidikan dalam pengelolaan data dan berbagai dokumen yang memudahkan serta efektif dan efisien. Dengan sistem ERP, tujuan utama institusi pendidikan untuk mengembangkan kemampuan siswa dapat tercapai dengan waktu yang tepat.

Transformasi Pendidikan dengan ERP Software

Perkembangan teknologi telah menjadi kebutuhan untuk mendorong pertumbuhan setiap manusia. Begitu juga dengan sekolah, lanskap pendidikan sekarang telah mengalami peningkatan dengan sistem ERP yang membantu proses pembelajaran yang efektif, namun tetap produktif. ERP software mampu membantu dalam akses informasi kapan saja dan di mana saja secara real-time, dengan sistem kerja yang lebih efisien.

Begitu juga dengan pendidikan tinggi, membutuhkan manajemen dan alokasi sumber daya yang lebih baik. Di sini ERP software dibutuhkan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan melakukan perubahan yang mendukung setiap agenda dari lembaga pendidikan tinggi. Kegiatan penting termasuk pengelolaan keuangan, manajemen karyawan dan dokumen mahasiswa yang tidak sedikit diotomatisasi oleh sistem ERP.


Manfaat ERP Software di Bidang Pendidikan

Implementasi sistem ERP pada sektor pendidikan memungkinkan adanya efektivitas biaya, dan menjaga keamanan data. Berikut manfaat apa saja yang diperoleh dari penggunaan ERP software dalam institusi pendidikan:

1. Manajemen peserta didik yang lebih baik

Lembaga pendidikan membutuhkan manajemen yang berkelanjutan dari setiap guru dan karyawan, terutama dalam mengelola data siswa, akademik, dokumen laporan, dll. Maka, dibutuhkan sistem digital agar manajemen siswa lebih efisien. Dengan sistem ERP, memungkinkan pengajar untuk menghemat waktu dengan memberikan modul pembelajaran. Pengajar dapat menyimpan setiap materi dalam sistem tersebut. Peserta didik juga dapat mengisi data diri serta pengumpulan setiap tugas melalui portal siswa. Dengan begitu, guru, staf dan murid dapat menghemat waktu dan produktif.

2. Manajemen biaya

Mengelola keuangan lembaga pendidikan bukanlah pekerjaan yang sederhana. Hal ini melibatkan rencana pembiayaan yang rumit dan pencatatan yang harus detail. Dengan menggunakan sistem ERP, setiap pembayaran siswa bisa tercatat dengan rapi. Selain itu fitur dalam sistem terpusat juga dapat memberikan informasi laporan keuangan, sponsor, dan semua transaksi. Dengan begitu, administrasi sekolah lebih efisien dan akan mengurusi kesalahan.

3. Manajemen karyawan terpadu

Lembaga pendidikan memiliki beberapa departemen dan jumlah karyawan yang tidak sedikit. Menjalankan manajemen sekolah membutuhkan kinerja setiap karyawan yang terorganisir dan selalu berkembang. Dengan sistem ERP, memungkinkan dalam pengelolaan karyawan dengan setiap catatan kerja karyawan yang diinput secara konkrit. Sistem ERP membantu dalam pengelolaan jam kerja, manajemen cuti, penggajian, dan laporan lainnya. Sehingga manajemen karyawan dapat lebih efisien dan hubungan antar guru dan karyawan bisa terjalin dengan harmonis.

4. Meningkatkan komunikasi

Sistem ERP memungkinkan adanya peningkatan konektivitas antara lembaga sekolah dan siswanya di luar kelas. Hal ini diimplementasikan dengan peningkatan interaksi antara siswa dan guru. Mereka bisa berinteraksi secara online melalui portal yang tersedia. Sebagai contoh, guru memberikan tugas melalui portal dan membagikannya kepada siswa, lalu siswa mengerjakan dan mengumpulkan tugas tersebut juga melalui portal yang tersedia. Hal ini juga menghemat biaya, menghemat waktu, dan hubungan antara guru dan siswa tetap terjalin dengan baik.

5. Proses pemeriksaan yang lebih mudah

Sistem ERP dapat menangani semua proses evaluasi terkait ujian. Selain menyiapkan dan mengelola ujian. Pengajar juga dimudahkan untuk memberikan informasi jadwal ujian, proses ujian, absensi, hingga informasi nilai hasil ujian. Modul ini mampu mengevaluasi dan mengelola ujian dengan memberikan catatan kinerja siswa, hasil transkrip dan menghasilkan laporan siswa yang akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *