PT BISA INDONESIA
  • 16/09/2021
  • Admin
  • 0

Odoo merupakan software aplikasi bisnis yang mencakup CRM (Customer Relationship Management), Project Management, Sales, Manufaktur, Warehouse, serta Manajemen Keuangan. CRM sendiri adalah strategi bisnis dengan memadukan proses, manusia, dan teknologi. Lebih jelasnya, Odoo adalah software manajemen open source yang memudahkan pengguna dan sudah diintegrasi. Dalam sistem Odoo ada berbagai macam, bisa berbasis web, desktop, serta mobile. Sistem Odoo juga memiliki kelebihan karena didukung oleh banyak komunitas, modul yang lengkap dan dapat disesuaikan kebutuhan, terintegrasi, dan biaya yang masih terjangkau.

Fungsionalitas Odoo atau OpenERP dapat memberikan banyak manfaat untuk pengguna. Open source dalam Odoo memiliki kemampuan ERP (Enterprise Resource Planning), sehingga memiliki banyak penawaran lebih dari ERP itu sendiri. Odoo juga dapat dukungan yang sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis tiap perusahaan.

Menjalankan sistem Odoo ERP dengan modul yang sudah terintegrasi satu dengan lainnya, yang perlu diperhatikan paling awal adalah pada modul akuntansi. Sistem akuntansi dalam Odoo perlu menjadi perhatian awal, karena semua modul akan membuat jurnal entry dalam setiap transaksi. 

Keunggulan Sistem Akuntansi Odoo

Sistem Akuntasi Odoo dirancang oleh kolaborasi pakar akuntansi internasional dengan membuat fungsi-fungsi manajemen keuangan yang tepat. Berikut keunggulan sistem akuntansi Odoo:

  1. Dilengkapi fungs E-Faktur, dimana dapat melokalisasi perhitungan pajak sesuai dengan peraturan hukum di Indonesia. Perusahaan berskala besar bisa memanfaat fungsi E-Faktur dan bisa mengeset invoice nomor faktur dengan nomor seri faktur pajak yang sudah diterbitkan dari kantor pajak. Fungsi ini sangat membantu untuk keperluan export file ke apilaksi E-Faktur DJP dan sangat memudahkan tanpa memakan waktu yang lama.
  2. Praktis dalam proses invoice dan billing, karena proses penagihan atau pembuatan faktur, pengelolaan tagihan, hingga pelacakan pembayaran bisa lebih cepat dan mudah.
  3. Keamanan dalam pembayaran tagihan, metode pembayaran bisa lebih cepat dan mengikuti keinginan klien.
  4. Dapat mencocokkan laporan bank dengan pencatatan keuangan, sekaligus mencocokan faktur dengan rekening koran perusahaan.
  5. Laporan keuangan bisnis bisa diakses secara real-time, dari laporan pendapatan hingga arus kas.
  6. Sudah terintegrasi secara otomatis dengan aplikasi lainnya, dimana sistem dapat mengintegrasikan semua transaksi e-commerce di akun perusahaan, mulai dari penjualan, pembayaran, refund, hingga pengiriman barang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *