PT BISA INDONESIA
Manfaat ERP Software untuk Industri Real Estate
  • 21/08/2021
  • Admin
  • 0

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah seperangkat software yang berfungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional dalam sebuah bisnis. Sistem ini dapat memfasilitasi bisnis dengan informasi real-time dan akurat, seperti dalam pengelolaan keuangan, pengadaan. Produksi, proyek, SDM, dan lain-lain. Tujuan awal perancangan ERP sebenarnya untuk industri manufaktur. Namun, seiring perkembangannya perangkat lunak ini telah berkembangan ke berbagai sektor lainnya, termasuk industri real estate.

Apakah Industri Real Estate Membutuhkan Sistem ERP?

Untuk menjalankan bisnis real estate dengan baik, perusahaan harus terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar sesuai dengan kondisi bisnis yang dinamis. Hal ini membutuhkan dukungan software ERP yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Software real estate menjadi salah satu solusi yang dibutuhkan oleh bisnis perumahan dan properti. Sistem ERP mencakup seluruh proses manajemen perusahaan real estate, termasuk penjualan dan penyewaan properti, eksekusi proyek, pembiayaan, dan pengelolaan bisnis secara umum. Maka, penting bagi setiap pemilik bisnis real estate untuk senantiasa mengembangkan bisnisnya dan mendapatkan sistem multifungsi yang dirancang khusus agar tetap unggul dan memiliki manfaat besar dalam jangka panjang.

Sistem ERP dicirikan oleh variasi modulnya yang memungkinkan adanya area bisnis yang berbeda untuk dihubungkan dan berkomunikasi satu sama lain. Dengan demikian, sistem ERP adalah solusi manajemen hubungan pelanggan sederhana dan memungkinkan implementasi tambahan seperti sistem akuntansi dan laporan keuangan. Sehingga, seluruh pengelolaan dan pemantauan data dapat disederhanakan dan dioptimalkan.

Manfaat Software Real Estate

1.     Sistem yang lebih praktis

Selama ini, Microsoft Excel sering digunakan untuk melakukan perhitungan dengan formula kompleks. Namun, ada software lain yang lebih praktis yaitu GST. GST (The Goods and Services Tax) adalah aplikasi yang dimiliki perusahaan untuk mengelola proses perpajakan dengan lebih mudah. Sehingga, perusahaan tidak perlu menggunakan cara manual dan mengandalkan perangkat lunak spreadsheet dalam pengambilan keputusan bisnis.

2.     Informasi real-time bisnis

Data diperlukan untuk membuat keputusan mengenai bisnis secara tepat waktu dan meningkatkan peluang dalam menjalankan bisnisnya. Maka dari itu, kurangnya data yang benar dapat meningkatkan resiko pengurangan pendapatan operasional bisnis real estate.

Pekerjaan setiap departemen dalam perusahaan harus sinkron untuk meningkatkan efisiensi. Hal ini, software dibutuhkan untuk memelihara data. Dengan sistem ERP, mempermudah proses input data serta melakukan pembaharuan informasi secara real-time dan akurat.

3.     Otomatisasi proses bisnis

Pada industri real estate, system ERP bermanfaat untuk mengintegrasikan proses bisnis dan meningkatkan komunikasi bagi pekerja di berbagai departemen dalam suatu perusahaan. Sistem ERP dapat meningkatkan produktivitas perusahaan melalui otomasi sistem manajemen bisnis dan penyimpanan data di satu tempat terpusat. Hal ini membantu pengguna untuk mengakses dapat dengan cepat, menghemat waktu dan modal.

4.     Meningkatkan keamanan data

Informasi tentang kepemilikan bisnis real estate yang banyak memiliki resiko rawan diretas. Dalam sistem ERP, ada firewall yang berguna untuk menyimpan seluruh data dalam sistem terpusat untuk mencegah pelanggaran data. Untuk mengakses data, terdapat tingkat keamanan yang tinggi karena setiap aktivitas dapat dimonitor dengan ketat. Sehingga software real estate ini juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *