PT BISA INDONESIA
Cara Mengembangkan ERP Software untuk Rumah Sakit
  • 21/08/2021
  • Admin
  • 0

Seiring dengan meningkatnya permintaan teknologi di industri kesehatan, kualitas layanan kesehatan juga semakin meningkat. Perusahaan TI semakin banyak bermunculan membantu rumah sakit, klinik, dan fasilitas kesehatan lainnya. Sistem TI modern memainkan peran besar dalam menjalankan manajemen rumah sakit, baik secara internal maupun finansial.

Kondisi pasar saat ini sedang menyaksikan transformasi digital besar-besaran khususnya dalam digitalisasi sistem perawatan kesehatan, terutama dengan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) untuk rumah sakit. Pasar perawatan kesehatan di AS dan negara-negara lain secara keseluruhan diperkirakan akan mencapai sekitar 2,3 Miliar pada tahun 2025.

Apa Saja Manfaat Sistem ERP untuk Rumah Sakit?

1. Layanan Kesehatan yang Lebih Baik:

Sistem ERP rumah sakit dirancang untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih baik dengan manajemen kebijakan dan prosedur rumah sakit yang akurat, bermanfaat bagi pasien. Sistem ERP memungkinkan sebuah prosedur pelayanan perawatan kesehatan dengan cara yang lebih mudah dan efisien.

2. Meningkatkan Proses & Pengurangan Biaya Operasional:

Dalam implementasi ERP untuk rumah sakit, otomatisasi adalah salah satu faktor terbesar mengapa industri perawatan kesehatan membutuhkannya. Mulai dari spesialis pelayanan kesehatan hingga pasien, petugas, bahkan staf keperawatan dapat berinteraksi terkait rumah sakit dan pasiennya. Sistem ERP juga memungkinkan setiap departemen dan prosedur berada di bawah satu sistem tunggal dengan database umum dan fitur yang terintegrasi. Hal ini juga dapat mengurangi biaya operasi untuk mengoptimalkan berbagai fungsi bisnis seperti akuntansi, inventari, SDM, manajemen data, dan membuat proses sehari-hari lebih mudah dikelola.

3. Peningkatan Keselamatan Pasien:

ERP memberikan kemudahan dalam manajemen pelayanan kesehatan dengan dukungan dan meningkatkan keselamatan dan Kesehatan pasien dengan laporan yang real-time, pengambilan data yang akurat, dan komunikasi yang lebih baik. AI dan otomatisasi ERP software membantu para pengambil keputusan untuk memberikan perawatan medis dan obat-obatan terbaik kepada pasien. Pasien juga dimudahkan untuk mengakses bantuan medis dari rumah tanpa harus ke rumah sakit dengan fitur komunikasi online.

4. Manajemen Data yang Lebih Baik

Sistem ERP memudahkan dalam pengelolaan keuangan, rekam medis pasien, laporan diagnosis, pembayaran pasien, serta biaya perawatan secara efisien. Tidak hanya membantu dalam proses media, para pelayan Kesehatan juga dapat fokus pada pekerjaan mereka, yaitu memberikan perawatan kesehatan terbaik dan mampu menyelamatkan nyawa.

Dengan demikian, sistem ERP untuk rumah sakit membantu dalam perencanaan strategis dan mengidentifikasi area untuk mengembangkan bisnis. Sehingga mampu meningkatkan kinerja keseluruhan rumah sakit.

Bagaimana Cara Mengembangkan ERP Software Industri Rumah Sakit?

Berbagai fitur dan komponen ERP dirancang sesuai dengan persyaratan bisnis untuk mendukung manajemen secara efektif. Untuk industri rumah sakit, sistem ERP membuat panel admin untuk otoritas yang lebih tinggi, termasuk tim fungsional dan staf medis hingga data pasien, memerlukan roadmap dengan rekomendasi peningkatan.

Berikut beberapa cara mengembangkan ERP software rumah sakit:

  • Membuat halaman login yang berbeda untuk setiap kategori manajemen.
  • Meningkatkan jumlah transaksi pertukaran data otomatis untuk mendapatkan pesanan dan inventaris.
  • Data real-time dan antarmuka bersamaan dengan sistem pengisian klinis.
  • Merancang metode standar untuk menambahkan departemen baru, yang diakui oleh setiap anggota dalam waktu yang cepat.
  • Pengaturan tata kelola ERP untuk mengontrol dan menangani permintaan peningkatan ERP.
  • Memanfaatkan software manajemen keuangan dalam ERP saat membeli atau menghapus peralatan media, dan obat-obatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *