PT BISA INDONESIA

Industri kesehatan saat ini menghadapi tantangan baru dalam memberikan pelayanan kesehatan. Menurut Schneider Electric, perusahaan global yang fokus pada transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi mengungkapkan, bahwa digitalisasi rumah sakit dibutuhkan untuk menjadi solusi yang efektif dalam memenuhi pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Berkat teknologi, arus informasi semakin lebih cepat diakses oleh setiap orang. Khususnya pada industri kesehatan memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnis kesehatan. Pasien diberikan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan seperti konsultasi dengan dokter, mencari kamar inap, hingga menebus obat hanya menggunakan smartphone pasien. Pelayanan tersebut merupakan beberapa manfaat teknologi digital bagi industri kesehatan

Digitalisasi industri kesehatan harus mampu mengintegrasikan sistem manajemen pelayanan kepada pasien, peralatan medis, hingga peningkatan fasilitas rumah sakit yang lebih canggih. Pengelolaan rumah sakit berbasis digital yang bisa diakses scara real-time membantu manajemen rumah sakit, khususnya tenaga medis untuk mengambil keputusan yang lebih efektif dan tepat sasaran. Smart Hospital memberikan pengalaman yang baik dalam hal keamanan dan keselamatan pasien dan keluarganya.

Smart Hospital tidak hanya meningkatkan sistem pengelolaan rumah sakit, tetapi juga meningkatkan kemampuan tenaga medis dan sumber daya manusia (SDM) rumah sakit. Kehadiran Smart Hospital juga memenuhi beberapa indikator mutu dari Organisasi Keseharan Dunia (WHO). Pertama, peningkatan efektivitas dimana semua keputusan strategis terkait pengembangan rumah sakit yang evidence-based. Kedua, meningkatkan keamanan yang membantu meningkatkan keselamatan baik dari tenaga kesehatan, pasien, lingkungan, dan keuangan rumah sakit. Ketiga, tingginya kewaspadaan masyarakat tentang kesehatan. Keempat, kehadiran Smart Hospital juga menghemat waktu. Kelima, digitalisasi membawa juga mengurangi kelas sosial masyarakat.

Kedepannya, Smart Hospital akan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di era normal baru. Manajemen rumah sakit perlu menentukan langkah strategis agar lebih komprehensif untuk dapat memaksimalkan keamanan, efisiensi operasional, dan memberikan pelayanan terbaik bagi pasien. Industri kesehatan juga dapat melakukan langkah preventif dalam pengelolaan Smart Hospital. Tenaga medis juga dapat meningkatkan kemampuan mengikuti perkembangan sistem manajemen kesehatan. Smart Hospital diharapkan dapat memberikan visibilitas dan kontrol terhadap seluruh pengelolaan rumah sakit melalui real-time monitoring, mobile insight, dan manajemen risiko yang proaktif. Smart Hospital menjadi salah satu manfaat teknologi digital bagi industri kesehatan yang akan terus berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.