PT BISA INDONESIA
Bisnis UKM di Era Transformasi Digital
  • 21/08/2021
  • Admin
  • 0

Menurut survei dari Asosiasi Usaha Kecil Menengah Indonesia (Akumindo) di tahun 2019, kontribusi UKM dalam Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 60%. Jumlah pekerja UKM Indonesia mencapai 121 juta. Hal ini menunjukkan peran UKM yang penting sebagai penentu keberhasilan Pemerintah Indonesia dalam upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19. Dengan ketergantungan tersebut, UKM perlu beradaptasi menghadapi kondisi pandemi dengan menyesuaikan kebiasaan baru para konsumen.

Transformasi digital yang semakin masif menjadi solusi bagi dunia usaha dengan memanfaatkan teknologi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Penggiat UKM mulai mengubah cara pelayanan, pemasaran, hingga produksi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi guna menciptakan efisiensi bisnisnya.

Kemunculan start-up digital seperti ojek online dan online shop, membantu mendorong bisnis UKM bertransformasi dari kegiatan yang manual ke system yang lebih terpusat. Hal ini terbukti dari hasil survey dari Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD-FEB UI). Pada tahun 2018, tercatat 82% UKM bermitra dengan ojek online mengalami peningkatan transaksi. Kondisi ini menunjukkan bahwa, para pemilik usaha UKM perlu terliterasi untuk beradaptasi dengan transformasi digital.

ERP Software untuk UKM

Pemilik bisnis dari segala ukuran memiliki tantangan yang sama dalam mengelola bisnisnya agar lebih terorganisir, efisien, dan tentu saja menghasilkan profit. ERP software hadir sebagai solusi untuk memudahkan kegiatan operasional dan meningkatkan produktivitas bisnis UKM menghadapi era transformasi digital.

Berikut fasilitas yang pemilik bisnis UKM dapatkan dengan menggunakan ERP software:

  • Penjualan dan pembelian.
  • Pencatatan database pelanggan, pemasok, bahkan pegawai.
  • Pencatatan database barang dan inventaris.
  • Laporan keuangan
  • Sistem keamanan database

Manfaat ERP Software untuk UKM

ERP software memberikan kemudahan pemilik bisnis UKM untuk mengontrol laporan setiap laporan penjualan hingga stok barang dengan akurat dan real-time. Berikut manfaat ERP software untuk bisnis UKM:

Implementasi yang lebih efisien

Implementasi sistem ERP lebih efektif dalam mengintegrasikan platform UKM dengan beberapa fitur lain. Selanjutnya, data juga akan otomatis terupdate setiap adanya perubahan dalam platform ERP.

Memudahkan dalam membuat laporan

Kemudahan yang disediakan dalam sistem ERP juga mencakup laporan yang bisa diubah dan diakses secara online. Pemilik bisnis bisa mendapatkan informasi real-time kapanpun dan dimanapun, sehingga menciptakan efisiensi kerja.

Meminimalisir kesalahan

Dengan menggunakan ERP software juga memungkinkan untuk meminimalisir human error, sehingga meningkatkan produktivitas kerja dan tentu saja meningkatkan keuntungan pemilik bisnis.

Data transaksi lebih tertata

Setiap pemesanan dan status transaksi, hingga penerimaan barang bisa terlacak dan  langsung terekam secara aktual dan real-time pada sistem ERP. pengguna dan pemilik bisnis bisa mengakses dokumen transaksi dengan cepat, sehingga meminimalisir kesalahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *