PT BISA INDONESIA
Strategi Meningkatkan Komunikasi

Strategi komunikasi dengan klien yang baik adalah yang mampu meningkatkan kepuasan, sehingga klien mau datang Kembali untuk melakukan proses bisnis lainnya. Kemajuan teknologi yang semakin pesat bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menjalin hubungan yang erat dengan klien. Alat komunikasi digital sudah menjadi salah satu kebutuhan di dunia bisnis. Tidak dapat dihindari, komunikasi bisnis dilakukan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi yang mampu memudahkan hubungan antara perusahaan dan kliennya. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana strategi yang tepat untuk meningkatkan komunikasi dengan klien? Perusahaan membutuhkan perencanaan yang dilakukan dengan cepat dan tepat seiring dengan perkembangan teknologi.

Berikut strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan komunikasi dengan klien:

Membatasi Komunikasi melalui Email

Teknologi yang semakin berkembang bisa dimanfaatkan dengan sering melakukan komunikasi secara virtual. Perusahaan dan klien bisa melakukan konferensi video untuk memudahkan komunikasi dengan tidak harus bertatapan langsung, waktu yang lebih fleksibel, dan dimana saja.

Penggunaan Email memang berguna untuk melakukan rekam digital yang dibutuhkan. Tapi, komunikasi dengan menggunakan Email kurang efektif. Selain jauh dari rapat langsung, pertukaran informasi juga seringkali menimbulkan kesalahan dan banyaknya kotak masuk yang akan menambah beban pengelola. Penggunaan Email juga kurang dalam membangun hubungan kepercayaan dengan klien.

Rutin Menjadwalkan Rapat

Penjadwalan rapat secara virtual menggunakan alat panggilan video seperti FaceTime, Skype, Zoom, Gmeet membantu dalam menjaga hubungan dengan klien. Penjadwalan rapat dengan memanfaatkan teknologi yang ada sangat memudahkan dan membuat situasi yang nyaman ketika klien memiliki banyak kegiatan.

Memahami Apa yang Diinginkan Klien

Komunikasi elektronik yang dilakukan dengan tepat memberikan keuntungan dalam mengumpulkan notulensi yang lebih akurat. Tetapi apakah komunikasi elektronik saja cukup? Perusahaan juga butuh untuk memahami kebutuhan klien dengan senantiasa melakukan riset yang matang memahami preferensi yang disukai klien. Maka dari itu, memahami apa yang diinginkan klien bisa dilakukan dengan hubungan yang intens yang bisa memanfaatkan teknologi komunikasi.

Membangun Hubungan yang Harmonis

Pelayanan dan komunikasi yang benar adalah yang mampu meningkatkan kepuasan klien dan mampu mendorong klien untuk Kembali ke perusahaan untuk melakukan proses bisnis lainnya. Hal ini dapat dilakukan dengan membangun hubungan yang harmonis. Sumber daya perusahaan dalam melakukan komunikasi perlu diperhatikan dan bisa menjadi nilai ekstra bagi klien. Pegawai perusahaan yang ramah dan komunikatif, namun tetap profesional dan mampu memberikan kenyamanan. Sehingga klien akan betah untuk melakukan proses bisnis dengan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *